Mengenal Laporan Keuangan Untuk UMKM Yang Benar
Bisnis

Mengenal Laporan Keuangan Untuk UMKM Yang Benar

Abbybitcoin –┬áPelaku ekonomi, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), seringkali mengabaikan pentingnya pelaporan keuangan. Yeni Suryasusanti, Bendahara Umum OK OCE Halal and Safety, mengatakan UMKM bisa mengetahui lebih dahulu apa saja yang dibutuhkan dalam histori keuangan perusahaan. Hal itu diungkapkan Yeni saat mengikuti kursus pendampingan UMKM yang diselenggarakan beberapa waktu lalu oleh OK OCE Indonesia.

Hal-hal yang digunakan dalam pencatatan keuangan tidak jauh dari akuntansi. Akuntansi adalah serangkaian sistem yang digunakan untuk prosedur akuntansi, akuntansi dan rincian operasional keuangan yang berkaitan dengan kegiatan komersial, industri atau kelembagaan.

Rumus akuntansi dasar yang umumnya kita kenal adalah Aset = Hutang + Ekuitas.

Uang tunai, peralatan, kredit, gedung, tanah termasuk aset. Hutang, yaitu hutang atas persediaan dan jasa, hutang dan beban bunga. Sedangkan modal adalah modal awal untuk mendirikan usaha dan menarik modal.

Laporan keuangan yang dihasilkan berdasarkan catatan akuntansi sangat membantu pemilik UMKM dalam menganalisis perubahan pendapatan bersih, biaya dan pendapatan dari operasi bisnis saat ini. Dengan membandingkan laporan keuangan tahunan, pemilik UMKM akan mendapatkan wawasan penting tentang apa yang baik dan apa yang masih perlu ditingkatkan.

Selain itu, dalam penyusunan laporan keuangan jasa backlink, terdapat pula berbagai jenis laporan keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Jenis anggaran meliputi:

1. Laporan arus kas

2. Akun Untung dan Rugi

3. Laporkan perubahan modal

4. Keseimbangan

Merujuk lebih lanjut, Yeni memaparkan jenis-jenis laporan keuangan dan manfaatnya. Penjelasannya sebagai berikut:

Laporan keuangan

Laporan arus kas adalah arus masuk dan arus keluar kas atau sarana yang setara. Laporan keuangan adalah ringkasan penerimaan kas dan pembayaran tunai perusahaan selama periode tertentu (biasanya satu tahun fiskal).

Arus kas memiliki beberapa batasan, antara lain:

1. Pendapatan dan pengeluaran yang termasuk dalam arus kas hanya berupa uang tunai

2. Cobalah untuk tetap berpegang pada tujuan yang mungkin kurang refleksi

3. Jika ada perubahan situasi internal atau internal perusahaan yang mungkin mempengaruhi estimasi arus kas masuk dan keluar untuk dijadikan bahan pertimbangan, akan sulit karena biasanya kita hanya fokus pada anggaran kas. Misalnya, kondisi ekonomi yang tidak stabil, nasabah terlambat memenuhi kewajibannya.

Keuntungan dari laporan keuangan:

Kegunaan dalam menyusun perkiraan arus kas usaha sangat bermanfaat bagi beberapa pihak khususnya para pemilik usaha, diantaranya:

1. Menyediakan rencana tanda terima yang terkait dengan rencana keuangan perusahaan dan rincian transaksi yang melibatkan perubahan kas.

2. Sebagai dasar untuk memperkirakan kebutuhan dana di masa yang akan datang, maka harus diperkirakan jangka waktu pengembalian pinjaman.

3. Membantu pengusaha dalam membuat keputusan kebijakan keuangan

4. Pemberi pinjaman dapat melihat kemampuan pemilik bisnis untuk melunasi pinjaman.

Laporan laba rugi

Laporan laba rugi adalah laporan yang menunjukkan ukuran keberhasilan operasi bisnis selama periode waktu tertentu.

Laporan laba rugi:

1. Dapat mengetahui tingkat keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan.

2. Sebagai gambaran kinerja trader dalam menghasilkan keuntungan untuk melunasi hutangnya, membagikan hasil jika investor lebih dari satu orang atau ingin mengambil pinjaman perusahaan sebagai bentuk tambahan modal.

3. Dengan mengukur tren kinerja kita sebagai wirausahawan atau jika kita adalah karyawan, hasilnya meningkat atau menurun dari waktu ke waktu.

Laporan perubahan modal

Laporan perubahan ekuitas pemegang saham (shareholder ‘equity) adalah laporan keuangan yang menggambarkan kenaikan atau penurunan aset atau kekayaan bersih dalam suatu periode tertentu berdasarkan prinsip penilaian yang dianut.

Keseimbangan

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan atau perusahaan yang disusun selama periode akuntansi yang menunjukkan kondisi perusahaan atau keuangan perusahaan pada akhir periode akuntansi, yang dapat menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis.