Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy M02
Teknologi

Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy M02

Abbybitcoin – Selain selalu menciptakan inovasi-inovasi baru, kebetulan Samsung juga hobi membuat para penggemarnya bingung dan penasaran. Pasalnya, setelah lahirnya anak baru di seri A yakni Samsung Galaxy A02 pada akhir Januari 2021, Samsung kembali mengumumkan anak baru di kelas M yakni Samsung Galaxy M02 yang rencananya akan meluncurkan. pada bulan Februari tahun yang sama.

Meski Samsung Galaxy Mo2 masih menunggu kelahirannya untuk publik, namun spesifikasinya sudah diprediksi dan merajai dunia maya. Hal mengejutkan tiba-tiba terjadi ketika saya mengetahui bahwa spesifikasi yang diusung oleh Samsung Galaxy M02 hampir sama dengan Samsung Galaxy A02. Apakah Anda ingin bukti?

Mulai dari tampilan bodi, sama-sama lahir dengan dimensi 164 x 75,9 x 9,1 mm dan berat 206 gram, layarnya berjenis PLS IPS capacitive touchscreen dengan diagonal 6,5 inci, Android 10 bekerja dengan chipset Mediatek MT6739W , kamera depan berkonfigurasi 5 MP dengan jarak 2.0 dan kamera belakang dengan resolusi 13 MP + 2 MP.

Perbedaan Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy M02

Bisa dikatakan hampir tidak ada celah untuk menemukan perbedaan antara Samsung Galaxy A02 dengan Samsung Galaxy M02.

1. Identitas serial yang berbeda

Dapat kami katakan bahwa poin ini adalah salah satu aspek yang paling mencolok untuk membedakan Samsung Galaxy A02 dengan Samsung Galaxy M02, jika mereka lahir dari ibu yang berbeda. Samsung Galaxy A02 termasuk dalam seri A, sedangkan Samsung Galaxy M02 termasuk dalam seri M.

Kedua seri tersebut ternyata memiliki tujuan yang berbeda, seri Samsung Galaxy A kerap menjadi representasi anak muda. Bisa dibilang perangkat A-series ini masuk dalam jajaran smartphone kelas menengah Samsung.

Meski dari kalangan menengah, harga tetap simpatik di kantong anak muda. Selain menghadirkan tampilan yang menarik, seri A juga menawarkan spesifikasi yang cocok untuk memenuhi kebutuhan aktivitas anak muda masa kini.

Untuk kamera seri M yang memiliki kegunaan berbeda, bisa dikatakan seri ini termasuk kelas murah, namun ditunjang dengan spesifikasi yang mumpuni. Seri ini diluncurkan sebagai alternatif dari seri Samsung Galaxy A. Seri M berfokus pada pengguna yang sibuk.

Intinya, Galaxy A ditujukan untuk generasi Live atau generasi muda, sedangkan Galaxy M adalah lini yang ditujukan untuk pengguna. Jadi jika Anda memiliki intensitas kerja yang tinggi dan banyak pekerjaan maka seri M seperti Samsung Galaxy M02 cocok untuk Anda di rumah.

2. Berbagai ruang penyimpanan

Perbedaan seri tampaknya berdampak pada RAM dan ruang penyimpanan internal, terutama pada Samsung Galaxy M02. Seperti yang kita ketahui bahwa target pasar untuk seri M adalah pengguna yang sibuk, hal ini juga sesuai dengan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan internal yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy M02.

Samsung Galaxy M02 menawarkan dua kombinasi, yaitu penyimpanan internal 32 GB dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB dengan RAM 3 GB. Samsung ini sangat baik dalam memberikan opsi kepada calon pengguna berdasarkan preferensi mereka dan penggunaan perangkat di masa mendatang.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A02 yang hanya memiliki satu kombinasi, yakni ruang penyimpanan internal 32 GB dan RAM 3 GB. Ternyata dalam hal ini Samsung Galaxy A02 tidak memiliki memori RAM berkapasitas 2 GB, calon pembeli Samsung ini tidak punya pilihan lain, berbeda dengan Samsung Galaxy M02.

3. Berbagai versi teknologi Bluetooth

Keduanya mendapat restu dari organisasi Bluetooth Special Interest Group (SIG), bukan berarti Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy M02 lulus ujian dengan versi yang sama. Bahkan, Samsung Galaxy A02 lulus ujian sertifikasi Bluetooth di level 5.1, sedangkan Samsung Galaxy M02 hanya bisa lulus di level 5.0.

Jelas, dalam teknologi Bluetooth, Samsung Galaxy A02 lebih unggul dari Samsung Galaxy M02. Menggunakan teknologi Bluetooth 5.1, memungkinkan pengguna Samsung Galaxy A02 untuk menentukan lokasi dan akurasi hanya dari beberapa inci.

Selain dapat mengirim transmisi dengan kecepatan lebih tinggi, versi 5.1 juga menawarkan Atribut Generik yang Dioptimalkan (GATT) untuk instalasi yang lebih cepat dan indeks saluran acak yang ditingkatkan untuk mencegah paket data terputus selama transmisi. , yang mengakibatkan terputusnya koneksi.

Samsung Galaxy M02 versi 5.0 sudah mendukung konsumsi daya yang rendah, proses transfer yang cepat dan kemampuan untuk memasangkan dua perangkat audio dengan perangkat lain untuk jangkauan transmisi yang luas. Namun, teknologi Bluetooth milik Samsung Galaxy M02 dikalahkan oleh versi Bluetooth dari Samsung Galaxy A02.

4. Tawarkan lebih banyak warna

Dari tampilan kedua ponsel ini memang sama persis, dimulai dengan dibalut oleh kaca depan dan area belakang, serta bingkai plastik, dengan pinggiran sebagai tempat kamera depan berada. di atas bagian tengah layar, ke kamera utama yang disejajarkan ke kiri, di bagian belakang casing.

Namun, Anda mungkin melihat hal yang berbeda dari variasi warna yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy M02. Pada Samsung Galaxy A02 Anda akan menemukan warna hitam dan biru, sedangkan pilihan warna yang dihadirkan Samsung Galaxy M02 lebih beragam dan berkisar dari hitam, abu-abu, biru dan merah.

5. Kecocokan harga yang sengit

Berbicara mengenai perbedaan harga antara Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy M02, terlihat cukup garang. Bukan tanpa alasan, keduanya tergolong kelas menengah ke bawah, sama-sama menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Harga Samsung Galaxy A02 paling murah berkisar Rp 1,4 jutaan dengan ruang penyimpanan 32 GB dan RAM 3 GB. Sedangkan Samsung Galaxy M02 ditawarkan mulai Rp 1,3 juta untuk ruang penyimpanan 32 dan RAM 2 GB, kemungkinan berkapasitas 32/3 GB tidak akan jauh dari harga Samsung Galaxy A02.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru